Pentingnya Brand Awareness Bagi Produk Anda

14/03/2017

Pentingnya Brand Awareness Bagi Produk Anda

Brand awareness adalah salah satu hal yang sangat penting bagi dunia marketing. Brand awareness merupakan nyawa sebuah penjualan, dan merupakan tujuan dari promosi. Apakah yang dimaksud dengan brand awareness? Brand awareness adalah tingkat kesadaran calon konsumen terhadap produk tersebut. Apakah sudah banyak yang mengenali merk produk tersebut? Apakah keunggulan produk tersebut sudah diketahui oleh masyarakat luas? Jika ternyata jawabannya adalah belum, maka brand awareness-nya belum tercapai. Untuk mencapai brand awareness tersebut, maka diadakan promosi produk. Bisa melalui promosi dari mulut ke mulut, promosi melalui media sosial, iklan di televisi, radio, bahkan media luar ruang. Tujuan dari promosi tersebut adalah memperbesar peluang agar produk lebih dikenal secara luas, dan brand awareness-nya tercapai.

Contoh dari keberhasilan brand awareness adalah ketika ada seseorang yang tanpa sadar mengucapkan air mineral sebagai Aqua, atau mie instant sebagai Indomie. Padahal Aqua dan Indomie tersebut merupakan nama sebuah produk. Apa keuntungan jika produk kita sudah dikenal oleh masyarakat luas, serta brand awareness kita sudah kuat? Ini dia keuntungannya:

1. Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat

Seperti dua sisi mata uang yang saling tertaut. Jika merk sudah dikenal oleh masyarakat luas, maka secara otomatis masyarakat akan menjadi percaya dengan produk tersebut. Orang akan memilih produk yang sudah sering dia dengar merknya.

2. Meningkatkan Penjualan

Berkaitan dengan nomor satu, masyarakat yang sudah percaya dengan produk tersebut otomatis akan lebih memilih untuk membeli produk yang dikenalnya.

3. Membangun Loyalitas Konsumen

Banyak masyarakat yang membeli karena melihat merk, meskipun harga produk tersebut lebih mahal daripada harga produk pesaingnya. Di sini akan tercipta konsumen yang loyal.

4. Mempermudah Partnership Dengan Perusahaan Lain

Merk yang kuat memang banyak keuntungannya. Jika di awal-awal marketing bergerak untuk memperkenalkan merk produk, dengan brand awareness yang kuat, justru banyak perusahaan yang akan mengajak bekerja sama. Contohnya untuk menyelenggarakan event-event tertentu. Jika event tersebut diselenggarakan oleh merk-merk produk yang besar, maka event juga akan dianggap bergengsi.

5. Membangun Ciri Khas Produk

Produk dengan brand awareness yang kuat biasanya sudah berhasil untuk membangun ciri khas tertentu yang memang merupakan hal yang membedakan dari pesaingnya. Konsumen juga akan mengetahui secara gamblang keunggulan dari produk tersebut dibandingkan dengan kompetitornya.

Melihat betapa ketatnya persaingan dunia bisnis, sang pemilik produk harus pintar-pintar dalam mengatur strategi yang baik untuk menanam brand awareness yang kuat di benak konsumen. Dengan begitu, penjualan akan meningkat secara bertahap. Selamat berbisnis dan salam periklanan.

Sumber: www.oohads.co.id

Share :
Facebook Twitter Email